Sehat itu mahal harganya, karena memang tidak ada yang dapat menggantikan hidup bahagia dengan tubuh yang sehat. Belum lagi ketika sudah sakit maka biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat juga mahal. Mau tak mau, rela tak rela jika seandainya sudah sakit maka Anda tetap harus membayar biaya pengobatan tersebut bukan. Bahkan untuk penyakit sekelas maag juga, banyak orang yang kerap kali menyepelekan gangguan kesehatan ini. Meskipun mulai muncul gejala maag namun sering kali diabaikan dan menganggapnya akan sembuh dengan sendirinya. Mungkin benar rasa sakit tersebut akan hilang sementara, namun bisa saja muncul kembali.

Pengobatan penyakit maag memang tidak dapat dilakukan hanya dengan mengonsumsi obat-obatan oral yang diresepkan oleh dokter saja, melainkan lebih dari itu. Patut untuk diketahui bahwa sekalinya Anda terkena maag. Maka potensi untuk kambuh atau terserang lagi nyatanya juga sangat tinggi, sehingga harus ekstra waspada. Namun juga tidak perlu khawatir, mengingat gejala tersebut dapat Anda cegah sehingga tidak akan muncul kembali. Caranya adalah dengan menerapkan beberapa kebiasaan berikut ini, yaitu:

  1. Berhenti merokok, sejak dulu tentunya Anda sudah tahu bahwa rokok memberikan banyak sekali efek buruk bagi kesehatan. Termasuk juga ia dapat memicu gangguan pencernaan yaitu maag. Hal ini disebabkan karena nikotin yang terkandung di dalam rokok tersebut memberikan efek relaksasi pada otot. Jadi jika seharusnya otot pada saluran pencernaan tetap mempertahankan agar isi lambung tidak sampai keluar, justru membuat isi lambung menjadi naik ke atas karena otot menjadi lemah. Hal tersebut akan menyebabkan rasa terbakar pada bagian dada, disebabkan oleh asam lambung yang naik. Itulah mengapa perokok juga cenderung mudah sekali batuk.
  2. Mengubah pola makan menjadi lebih sehat, pola makan yang tidak teratur besar kemungkinan akan memicu penyakit maag ini datang kembali. Sehingga Anda dapat mulai mengubahnya dari sekarang, caranya mudah sekali, yaitu biasakan untuk makan lebih sering meskipun dalam porsi kecil, sebaiknya Anda juga menghindari makan ketika perut sudah terlalu kenyang. Hendaknya kurangi juga konsumsi makanan yang terlalu asam, pedas dan juga kafein. Makan sebelum tidur juga tidak baik karena dapat memicu resiko asam lambung naik.
  3. Menurunkan berat badan, bagi Anda dengan berat badan berlebih juga sangat disarankan untuk segera menjalani program diet untuk mendapatkan berat badan ideal. Karena ketika berat badan berlebih atau gemuk, maka hal tersebut akan meningkatkan tekanan pada lambung, sehingga isi lambung juga jadi lebih mudah naik keluar.
  4. Jangan mengonsumsi obat pereda nyeri tanpa adanya pengawasan dari dokter, beberapa orang lebih memilih untuk langsung mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri secara sembarangan ketika merasakan sakit, baik itu sakit kepala, perut ataupun yang lainnya. padahal bisa jadi kandungan yang ada didalamnya beresiko menyebabkan peningkatan asam lambung. Secara otomatis hal ini juga akan menyebabkan penyakit maag bukan.

Itulah beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk cegah gejala maag datang kembali. Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan saluran cerna memang kebanyakan dipicu oleh pola makan yang kurang sehat, sehingga harus diperbaiki. Ingat bahwa sebenarnya investasi yang sangat penting dan mahal harganya adalah kesehatan. Untuk itu harus dibiasakan sejak kecil jika Anda ingin hidup sehat hingga hari tua, karena sakit memang tidak enak.

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Halodoc. Diakses pada 2021. Sering Diabaikan, Jangan Samakan GERD dengan Maag

Promag. Diakses pada 2020. Asam lambung naik, 9 pemicunya

By Tasya