Buang air besar secara terus-menerus dengan feses yang kondisinya cair, maka wajib berhati-hati karena bisa jadi sebenarnya Anda sedang terserang diare. Yaitu penyakit yang menyerang sistem pencernaan.

Pada dasarnya gangguan kesehatan yang satu ini dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi sampai dengan orang tua. Namun memang paling sering menyerang bayi hingga anak-anak karena kekebalan tubuh mereka yang belum kuat. Ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu diare.

Faktor yang paling sering memicu penyakit ini memang tak terlepas dari pola makan yang salah. Selain makanan yang memang tidak higienis atau mengandung parasit maupun bakteri penyebab diare. Ternyata juga ada beberapa jenis makanan penyebab diare yang bahkan sering dikonsumsi oleh masyarakat sehari-hari lebih lengkapnya mungkin bisa menyimak di artikel dari diarepedia.com, berikut ini diantaranya yang patut Anda waspadai, yaitu:

  1. Susu dan produk olahannya, memang tidak semua orang, melainkan sebagian diantaranya memiliki kecenderungan intoleransi laktosa, dimana hal ini membuatnya tidak bisa mengonsumsi susu sapi maupun produk olahannya, karena tidak ada enzim laktase dalam tubuh yang nantinya akan mencerna protein susu sapi tersebut, akibatnya membuat mereka mengalami diare bahkan tak jarang juga yang sampai mual juga muntah. Umumnya kerap terjadi pada bayi hingga usia anak-anak dan akan berkembang sejalan dengan pertambahan usia, sehingga di saat dewasa sudah tak memiliki alergi susu sapi lagi.
  2. Produk pengganti gula, sekarang ini marak sekali jajanan ataupun minuman di luar sana yang mengandalkan bahan pengganti gula. Pemanis buatan yang satu ini dapat menganggu sistem pencernaan bahkan juga menyebabkan terjadinya diare, apalagi bagi orang-orang yang memang tidak toleran terhadap produk tersebut. Itulah mengapa beberapa produk makanan yang menggunakan bahan pengganti gula sering kali diberi label peringatan tentang efek pencahar, jadi bisa dilihat terlebih dahulu.
  3. Makanan pedas, memang tak dapat dipungkiri jika seandainya beberapa orang menyukai makanan yang pedas, karena dapat meningkatkan nafsu makan mereka, hanya saja juga patut bagi Anda untuk waspada, karena ternyata makanan pedas ini bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, seperti diantaranya adalah memicu diare. Karena makanan pedas akan memberikan efek panas pada lambung bahkan juga mengiritasinya, untuk itu wajib berhati-hati. Jadi bagi Anda pecinta pedas sebaiknya batasi konsumsinya.
  4. Kopi, banyak yang senang mengonsumsinya, karena memang kopi ini bisa membuat mood menjadi lebih baik, namun bagi beberapa orang justru akan menyebabkan efek yang kurang baik, apalagi bagi yang memiliki masalah pada lambung atau sistem pencernaan. Banyak orang yang akan langsung BAB setelah mengonsumsi kopi, untuk itu maka patut diwaspadai.
  5. Brokoli dan kembang kol, banyak yang menyukainya karena memang sayuran yang satu ini memiliki rasa yang nikmat. Namun juga patut berhati-hati karena kedua jenis sayuran tersebut mengandung gas yang cukup tinggi, sehingga akan memicu reaksi seperti perut kembung bahkan juga diare pada beberapa orang. Sebenarnya tak masalah untuk mengonsumsinya asalkan masih dalam porsi wajar atau tidak berlebih.

Jadi mulai berhati-hati dan ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan penyebab diare di atas. Diare bukanlah kondisi yang dapat diremehkan, karena bisa berdampak serius jika seandainya tak langsung diobati. Ia akan menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi bahkan yang lebih parah adalah memicu kematian. Solusi pertolongan pertama jika seandainya sampai terserang diare adalah dengan mengonsumsi Entrostop.

By Tasya