Man watching video tutorial on laptop and doing dumbbell workout at home. Man exercising with dumbbell and watching online fitness live streaming classes on his laptop.

Pandemi virus corona yang muncul di awal tahun 2020 membuat banyak sekali perubahan dalam hidup masyarakat. Karena sejak adanya pandemi ini, banyak orang yang akhirnya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan baik. banyak orang yang akhirnya memiliki kesadaran untuk rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, menggunakan masker saat bepergian, mengonsumsi makanan yang bergizi, menghentikan kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan, hingga kesadaran untuk berolahraga.

Untuk olahraga, biasanya kita sudah diperkenalkan dengan kebiasaan baik ini sejak duduk di bangku sekolah. Sehingga bisa dipastikan jika olahraga bukanlah hal yang asing lagi untuk dilakukan dan diajarkan. Selain itu, banyak orang yang sudah tahu juga akan manfaat dari melakukan olahraga. Namun meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang belum tergerak untuk melakukan aktivitas fisik ini. Baru setelah masa pandemi ini, akhirnya banyak yang tersadar untuk mulai berolahraga secara rutin.

Sejak hadirnya virus corona, sangat disarankan untuk meminimalisir berkegiatan di luar rumah yang membuat kita harus berinteraksi dengan banyak orang. Tujuannya agar bisa mencegah penyebaran virus yang semakin meluas. Maka dari itu, untuk berolahraga tidak disarankan untuk dilakukan di studio tempat olahraga Jakarta maupun kota lainnya. Anda bisa melakukan olahraga dari rumah saja secara mandiri. Anda bisa berolahraga secara rutin setidaknya selama 2-3 jam dalam seminggu. Pastikan Anda untuk melakukan aktivitas yang satu ini, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, yaitu:

1. Menjaga kesehatan mental selama masa pandemi.

Berolahraga tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik saja, namun juga bagus untuk kesehatan mental. Hal ini terutama ketika masa pandemi, dilakukan pembatasan sosial berskala besar dan isolasi sosial. Sehingga dengan melakukan olahraga akan memberikan efek positif yang mampu meningkatkan suasana hati da pengembangan karakter yang lebih baik.

2. Mencegah dari penyakit.

Kebiasaan rutin berolahraga akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan daya tahan tubuh kuat inilah yang berguna untuk melawan berbagai virus atau bakteri yang menyerang tubuh dan menimbulkan suatu penyakit.

3.Memperkuat tulang dan otot.

Seiring dengan bertambahnya usia maka akan semakin berkurang juga massa dan fungsi otot. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, maka penting untuk rajin berolahraga.

4.Merangsang hormon bahagia.

Dengan berolahraga juga berguna untuk merangsang horomong bahagian yang bernama serotonin. Sehingga setelah berolahraga akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan percaya diri.

5. Meningkatkan kualitas tidur.

Agar tubuh tetap fit, penting sekali untuk tidur secara teratur setidaknya 8 jam per hari. Namun ada sebagian besar orang yang mengalami gangguan tidur sehingga tidur secara teratur sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk berolahraga karena salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan kualitas tidur pada malam hari.

7. Meningkatkan kebugaran tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Selama masa pandemi corona, tentu kita tidak hanya berdiam diri saja di rumah. Ada beberapa pekerjaan yang tetap harus kita lakukan setiap harinya. Maka dari itu, perlu tubuh yang bugar agar bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan semangat.

Itu tadi beberapa alasan dibalik kenapa perlu berolahraga selama masa pandemi. Untuk berolahraga, Anda tidak perlu harus datang ke studio tempat olahraga Jakarta maupun kota lain. Karena sebaiknya Anda berolahraga di rumah saja yang lebih aman. Agar bisa melakukan latihan olahraga secara maksimal, sebaiknya memiliki panduan yang terarah. Anda bisa menggunakan aplikasi DOOgether dalam hal ini karena bisa membantu berolahraga lewat video yang disediakan. Selain itu, juga tersedia fitur live classes yang memungkinkan untuk langsung melihat dan melakukan latihan olahraga dengan pelatih favoritnya, meskipun tidak berada di studio olahraga secara langsung.

By Tasya